Setelah Telkomsel, Indosat Siap Hadirkan 5G Secara Komersial

Kini Indosat siap meluncurkan 5G setelah mendapat sertifikat pengoperasian dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Dengan sertifikat ini, Indosat menjadi operator seluler kedua setelah Telkomsel yang menyediakan layanan 5G.

Dalam jumpa pers virtual yang diadakan pada Senin (14 April), Kementerian Komunikasi dan Informatika mengumumkan telah menerbitkan sertifikat laik operasi kepada PT Indosat Ooredoo Tbk.

Dengan persetujuan ini, Indosat siap menggelar 5G karena sarana dan prasarana siap beroperasi secara komersial.

Memperluas permintaan pasar
Layanan Indosat 5G beroperasi pada pita frekuensi 1800 MHz atau 1,8 GHz. Sehingga mendukung koneksi internet yang lebih cepat.

Penerbitan sertifikat tersebut mengacu pada Pasal 4 Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.
Baca Juga: Phobia of St. Dinfna Hotel, Game Horor Penuh Misteri

Setelah ditetapkan, kehadiran layanan 5G akan beroperasi dalam waktu dekat. Dengan layanan ini, kebutuhan pasar dapat merambah ke berbagai wilayah nusantara.

Indosat siap memamerkan 5G tidak hanya di Pulau Jawa tetapi juga menjangkau kawasan wisata prioritas. Beberapa di antaranya adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

Selain pariwisata, industri manufaktur dan ibu kota negara baru juga akan mendapat jaringan 5G. Pada generasi kelima atau 5G ini, diharapkan operator seluler dapat menawarkan layanan untuk mendukung industri dan masyarakat di masa depan seiring dengan berkembangnya kecerdasan.

Pengembangan ekosistem teknologi
Ada juga standarisasi 5G yang dapat memberikan alokasi spektrum untuk konektivitas dasar, kecepatan broadband seluler, dan frekuensi lapisan data super 26, 28, dan 39 GHz.
Baca juga: Ini Efeknya Saat Tekanan Ban Mobil Terlalu Tinggi atau Terlalu Rendah

Pemerintah menerapkan teknologi netral dalam penyelenggaraan layanan 5G. Sehingga setiap operator seluler memiliki kesempatan untuk memilih teknologi yang sesuai dengan bisnis dan lingkungannya.

Dengan kesiapan Indosat untuk menampilkan 5G, diharapkan operator seluler dapat mendukung dan lebih mengembangkan ekosistem teknologi.

Selain itu, pemerintah terus memperhatikan tulang punggung transformasi digital dalam implementasi 4G di Indonesia.

Pada saat yang sama, operator seluler didesak untuk menyelesaikan pembangunan sinyal 4G di area komersial untuk menciptakan koeksistensi yang sejalan dengan komitmen Indosat. (CW-004/Dewi)

Sumber :